Ajaib! Inilah 10 Keistimewaan Kolostrum Bagi Tubuh

Ajaib! Inilah 10 Keistimewaan Kolostrum Bagi Tubuh
May 21, 2017 mybio
In News

Seperti yang sudah kita ketahui, kolostrum adalah cairan pra-susu yang berwarna kekuningan yang dihasilkan pada awal-awal masa menyusui. Cairan yang hanya diproduksi pada 16-24 jam pertama setelah melahirkan ini diberikan kepada bayi yang baru saja dilahirkan, dan memilki peranan penting bagi faktor kekebalan (imun), faktor pertumbuhan dan berbagai kombinasi zat gizi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang dan juga kesehatan tubuh bayi.

Ternyata, cairan istimewa yang bernama kolostrum ini memiliki keistimewaan lain yang tidak hanya bermanfaat bagi bayi. Berikut 10 keistimewaan kolostrum bagi tubuh.

Kolostrum memiliki zat-zat yang dibutuhkan tubuh.

Kolostrum mengandung zat imunitas, zat faktor pertumbuhan, dan zat gizi penting yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Atau dengan kata lain, kolostrum adalah suplemen meningkatkan daya tahan tubuh.

Kolostrum bisa menjadi sumber tenaga.

Kolostrum dapat meningkatkan energi, menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak, menambah massa otot (tanpa efek samping), mempercepat proses penyembuhan luka, dan meningkatkan vitalitas dan stamina.

Kolostrum bermanfaat untuk menghambat proses penuaan.

Kolostrum mengandung zat anti-aging yang dapat memperlambat penuaan dan membuat terlihat lebih awet muda. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam kolostrum dapat mengurangi polutan dari tubuh sehingga membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh polutan dan racun dalam tubuh.

Kolostrum mengandung anti-inflamasi.

Kolostrum memiliki kemampuan anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada luka.

Kolostrum mampu mengurangi reaksi alergi.

Kolostrum juga mengandung antibodi yang dapat melawan alergen (zat yang menciptakan alergi). Kolostrum juga memiliki kemampuan mengikat IgE (imunoglobulin yang terlibat dalam reaksi alergi). Dengan kemampuan tersebut, kolostrum dapat menekan munculnya IgE sehingga akan menghambat dan mencegah timbulnya reaksi alergi.

Kolostrum membantu menurunkan resiko terkena kanker.

Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan menemukan bahwa laktoferin, sebuah protein yang terdapat dalam kolostrum, dapat membantu mencegah atau menurunkan resiko terserang kanker. Kolostrum juga mengandung lemak susu yang berperan sebagai anti-karsinogenik.

Kolostrum membantu proses detoksifikasi.

Kolostrum mampu mendetoksifikasi tubuh dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Kolostrum juga mampu menghambat atau menghancurkan patogen berbahaya bagi usus. Kolostrum juga bertindak sebagai obat untuk memperbaiki kerusakan dinding usus akibat patogen dan racun yang terakumulasi di usus. Selain itu, kolostrum juga akan mencegah patogen dan racun untuk masuk ke dalam tubuh dan membuat fungsi saluran cerna menjadi lebih sehat. Dengan kemampuan detoksifikasi ini, kolostrum juga bermanfaat melindungi hati dan pankreas.

Kolostrum mampu mencegah diabetes.

Kolostrum mengandung banyak IGF-1 (zat yang mirip dengan insulin). Zat ini merupakan faktor yang mendukung pertumbuhan dan mampu membantu mencegah diabetes pada mereka yang beresiko besar terkena penyakit tersebut.

Kolostrum mampu menurunkan tekanan darah.

Kolostrum juga berkhasiat bagi kesehatan jantung, khususnya bagi penderita tekanan darah tinggi. Insulin dan IGF-I yang banyak terdapat di kolostrum terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

Kolostrum mampu menjaga kesehatan kulit.

Kolostrum merupakan sumber alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kolostrum mengandung segala yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan kencang. Selain itu, susu kolostrum ini adalah susu rendah lemak tinggi kalsium untuk diet.

 

Terinspirasi dari keistimewaan dan manfaat kolostrum bagi tubuh, MyBio memproduksi MyBio Colostrum Milk yang merupakan susu tinggi kalsium dan juga susu rendah lemak dengan kandungan kolostrum yang bermanfaat bagi tubuh.