Jaga Faktor Imun Tubuh Dengan Kolostrum

Jaga Faktor Imun Tubuh Dengan Kolostrum
March 10, 2017 mybio
In News

Seperti yang sudah kita ketahui, kolostrum adalah cairan pra-susu berwarna kuning dan kental yang dihasilkan oleh kelenjar mamalia, pada 16 jam pertama setelah melahirkan. Selain itu kolostrum juga banyak mengandung unsur penting yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Susu kolostrum yang bagus memiliki kandungan karbohidrat, protein, antibodi dan juga mengandung rendah lemak. Namun bukan berarti kolostrum bisa disamakan dengan susu rendah lemak pada umumnya.

Setidaknya ada 3 unsur atau faktor penting kolostrum bagi tubuh manusia. Faktor imunitas, faktor pertumbuhan, dan factor nutrisi. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat susu kolostrum lebih istimewa dibanding susu rendah lemak untuk dewasa pada umumnya. Untuk itu, mari kita bahas satu persatu factor penting yang terkandung dalam susu kolostrum. Salah satunya faktor imunitas.

Saat ini banyak tubuh manusia mengalami kelelahan, mudah terserang penyakit, dan berbagai macam gangguan kesehatan yang kesemuanya bersumber dari kurangnya system kekebalan atau system imun dalam tubuh. Menurut penelitian, kolostrum memiliki factor imunitas yang sangat kuat dibanding jenis susu kesehatan lainnya.

Kolostrum memiliki kandungan factor imun yang dibutuhkan tubuh untuk selalu fit. Immunoglobulin, Lactoferin, Lactalbumin, Glycoprotein, Cytokines dan jenis imun lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari berbagai virus, bakteri, jamur, alergi ataupun racun yang ada dalam tubuh. Kolostrum juga mampu membantu mengatasi berbagai masalah usus, alergi dan HIV. Tidak hanya itu, para penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi kolostrum secara teratur untuk membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Kolostrum juga sangat kaya akan kandungan TgF-B yang membantu terapi para penderita kanker, membantu pembentukkan tulang dan juga mampu mencegah penyakit herpes. Kandungan Immunoglobulin pada kolostrum juga telah terbukti sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur dan anti toksin yang sangat diperlukan oleh tubuh.