5 Manfaat Susu Kolostrum

5 Manfaat Susu Kolostrum
March 15, 2018 mybio
In News

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Produk yang di jual pasaran kebanyakan susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Susu tidak hanya dari sapi, tetapi juga dari beberapa hewan mamalia lainnya yang dihasilkan melalui peternakan susu. Susu dari jenis hewan ternak selain sapi diantaranya: Susu domba, Susu kambing, Susu kuda, Susu kerbau, Susu keledai, Susu unta, dan susu kolostrum. Susu sangat penting sekali bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai pembentukan tulang , gigi  dan lainya. susu sangat  di gemari baik tua ataupun muda. Susu yang baik adalah susu alami yang berasal dari alam dan tanpa bahan pengawet.

Saat ini susu kolostrum sedang menjadi primadona, karena susu kolostrum mengandung banyak sekali manfaat. Kolostrum adalah cairan susu yang berasal dari kelenjar susu pada manusia, sapi, dan mamalia lainnya diawal kelahiran bayi, sebelum cairan susu yang asli keluar. Susu Kolostrum mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut 8 manfaat susu kolostrum bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kolostrum memberikan banyak faktor yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk imunoglobulin A (IgA), imunoglobulin D (IgD), dan imunoglobulin E (IgE) yang dapat bertindak sebagai antiviral atau antivirus yang alami .

2. Mengontrol Metabolisme dan Menjaga Berat Badan Kolostrum mengandung leptin dan IGF-1, yaitu dua komponen utama yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan mengubah lemak menjadi energi yang dapat digunakan. Manfaat susu kolostrum untuk menurunkan berat badan. Jika dikombinasikan dengan menjalani diet dan olahraga yang tepat, kolostrum dapat membantu Anda dalam mengurangi lemak berlebih dan menjaga berat badan yang ideal .

Baca Juga  7 Teknik Pemanasan Sebelum Olahraga

3. Baik untuk Perkembangan Otot Banyak atlet yang menggunakan kolostrum karena kemampuannya yang terbukti dapat membantu membentuk otot. Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam Journal Nutrition pada Maret 2001, menunjukkan bahwa kolostrum yang dikombinasikan dengan latihan reguler dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak pada pria dan wanita.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Susu kolostrum dapat mempercepat proses penyembuhan dan perbaikan jaringan. Oleh karena itu, atlet sering menggunakannya tidak hanya untuk membantu membangun massa otot tanpa lemak, tetapi juga membantu pemulihan setelah menjalani latihan berat dan cidera yang terkait dengan olahraga .

5. Meningkatkan Energi Peningkatan penyerapan nutrisi, metabolisme yang diatur dengan baik, dan peningkatan daya tahan tubuh secara keseluruhan dapat meningkatkan energi dan vitalitas. Terdapat banyak laporan mengenai orang-orang yang menggunakan kolostrum, bahwa orang-orang tersebut merasakan energi fisik yang semakin membaik ketika menggunakannya secara rutin. Peringatan dan Efek Samping Kolostrum Kolostrum dapat menjadi suplemen yang aman dikonsumsi oleh kalangan dewasa, anak-anak, dan bahkan hewan peliharaan. Namun bagi sebagian individu yang memiliki intoteransi laktosa, memiliki kemungkinan akan merasakan ketidaknyamanan ketika mengkonsumsi susu kolostrum dalam dosis yang berlebih.Bagi ibu hamil dan menyusui, belum terdapat informasi yang cukup dan dapat dipercaya mengenai keamanan penggunaan susu kolostrum sapi pada ibu hamil atau menyusui, oleh karena itu menghindari konsumsi kolostrum akan lebih baik untuk tindakan pencegahan.

Kesimpulan:

Apakah pendapat anda mengenai artikel ini? Semoga artikel yang kami sajikan dapat membantu kamu dalam memilih Susu Kolostrum. Bila mana kamu rentan terhadap susu Sapi kamu bisa mencari sumber protein susu lainya selain sapi. misalkan susu dari bahan kedelai, beras dan kacang-kacangan.

Baca Juga  4 Tips Agar Tidak Mudah Terkena Flu

 

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE