6 Cara Mengatasi Kecemasan Saat Akan Bertanding

6 Cara Mengatasi Kecemasan Saat Akan Bertanding
March 7, 2019 mybio
In kesehatan, News

Sebelum memulai suatu pertandingan, ada hal yang umum terjadi pada diri setiap orang. Psikologis seseorang biasanya menjadi lebih tinggi yang dipicu oleh situasi dan keadaan yang akan di hadapi. Kondisi tersebut memunculkan reaksi fisiologis dalam tubuh. Mulai dari keringat mengucur deras, tangan dan kaki yang gemetar, napas terengah-engah, pusing, bahkan hingga mual. Secara umum, itu merupakan tanda bahwa Anda merasa cemas. Rasa cemas muncul akibat gambaran mental atas peristiwa yang akan dihadapi.

Kecemasan itu dapat berpengaruh dalam performa permainan yang akan dilakukan. Kecemasan cenderung membuat semua latihan yang dilakukan buyar, dan Anda tidak akan melakukan pertandingan dengan maksimal.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan cara untuk menangani kecemasannya. Pelatih juga berperan untuk mengurangi stres yang dialami oleh para atletnya. Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi kecemasan sebelum bertanding.

1. Latihan yang Tepat

Pola latihan yang tepat dapat membuat para Anda terbiasa dengan berbagai tekanan. Latihan yang tepat harus dilakukan seakan-akan Anda sedang berada dalam kompetisi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi canggung dan takut saat menghadapi lawan di lapangan dalam pertandingan yang sesungguhnya.

2. Konsultasi Dengan Psikolog

Selain proses latihan yang tepat, Anda juga perlu untuk menangani diri dari berbagai kecemasan secara pribadi. Ini merupakan tugas seorang konsultan psikologi atau psikologi olahraga. Keadaan seorang konsultan ini sangat penting untuk membantu mengurangi tingkat kecemasan dan menyiapkan mental dalam menghadapi pertandingan.

3. Perspektif yang Benar

Anda harus berpikir bahwa pertandingan dalam sebuah cabang olahraga bukanlah masalah hidup dan mati. Dengan begitu, beban akan sedikit berkurang. Hal ini tidak bertujuan untuk menganggap remeh pertandingan tersebut, namun untuk meletakkan permasalahan secara lebih objektif dengan tujuan mengurangi tekanan stres. Dengan pemikiran seperti itu, Anda tidak akan merasakan kecemasan sejak awal pertandingan sehingga Anda dapat melakukan usaha yang terbaik dalam menyelesaikan pertandingan.

Baca Juga  5 Manfaat Susu Kolostrum

4. Tidak Takut Berbuat Salah

Perasaan takut memberikan kontribusi yang sangat besar untuk munculnya kecemasan. Tuntutan untuk selalu melakukan segala sesuatu dengan sempurna justru akan membuat Anda merasa tertekan dan terbebani, sehingga saat terjadi kesalahan Anda cenderung panik dan cemas.
Akan lebih baik untuk mempunyai pikiran bahwa tidak semua orang sukses setiap waktu, bahkan atlet internasional sekalipun dapat melakukan kesalahan. Pemikiran seperti itu dapat meringankan beban Anda.

5. Mempersiapkan Diri dengan Baik

Sebelum pertandingan dimulai, pastikan Anda telah mempersiapkan diri secara maksimal. Berlatih dengan keras dan menggunakan metode yang benar. Jika semua usaha dan persiapan telah dilakukan dengan matang, maka Anda akan terjauh dari perasaan cemas karena kepercayaan diri yang diperoleh berkat persiapan yang matang.

6. Konsentrasi Tinggi

Konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan saat pertandingan berlangsung. Singkirkan semua persoalan dan masalah yang tidak ada kaitannya dengan pertandingan saat ini. Dengan berkonsentrasi pada pertandingan saat ini, Anda dapat berpikir lebih rasional.
Yang terpenting dalam sebuah pertandingan bukanlah hasil akhir yang Anda dapatkan. Poin yang paling penting bahwa Anda telah melakukan semua yang Anda bisa dan berusaha sekeras tenaga melakukan yang terbaik.

Pendekatan yang tepat dapat membuat Anda terhindar dari rasa cemas. Kecemasan yang tinggi justru merupakan bukti bahwa seseorang sangat bersemangat untuk menghadapi pertandingan. Anda berperan untuk mengatur kecemasan itu menjadi sebuah motivasi untuk melakukan permainan sebaik mungkin.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE