6 Manfaat susu untuk program diet

6 Manfaat susu untuk program diet
April 11, 2019 mybio
In diet, kesehatan, News

Selain mengandung kalsium susu juga memilik kandungan lainnya, salah satunya adalah lemak. Tak heran jika ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah susu baik untuk diet? Pasalnya kandungan lemak pada susu tersebut tentu mengkhawatirkan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di sini akan diulas secara jelas mengenai hal tersebut. Ini sekaligus akan memberi gambaran bagi yang ingin tetap mengkonsumsi susu dalam masa diet. Yuk simak selengkapnya.

Apakah Susu Baik Untuk Diet?

Sebenarnya mitos jika konsumsi susu akan membuat gemuk merupakan mitos yang salah. Pasalnya kandungan kalori di dalam susu ini hanya sekitar 60 sampai dengan 100 gram. Hal ini bahkan dapat berpotensi memiliki nilai yang lebih rendah lagi pada susu rendah lemak.

Bandingkan jumlah kalori tersebut dengan kebutuhan kalori manusia yang rata-rata berkisar di angka 1500 sampai 2000 kalori per hari. Sebenarnya yang menjadi pemicu kegemukan adalah gula yang biasanya ditambahkan pada susu. Ini utamanya yang biasa menambahkan gula pada susu full cream.

Susu full cream sendiri sebenarnya sudah memiliki kandungan gula. Penambahan kandungan gula justru ini yang akan memicu kegemukan. Hal berbeda akan terjadi untuk konsumsi susu yang rendah lemak atau susu murni dan kurangi asupan gula yang biasa ditambahkan saat mengkonsumsi susu.

Kedua hal tersebut akan membantu untuk mencegah adanya kegemukan yang timbul akibat konsumsi susu. Selain itu juga harus diperhatikan jangan melakukan konsumsi secara berlebihan ya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Susu Untuk Diet

Penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan seputar apakah susu baik untuk diet? Namun, ada hal-hal yang harus diperlukan untuk yang akan mengkonsumsi susu saat diet, berikut beberapa di antaranya.

1.Pilih Susu yang Tepat

Susu hadir dengan beragam jenis yang berbeda, mulai dari kental manis, full cream, rendah lemak, sampai dengan susu protein. Tidak semua susu dapat menghasilkan efek yang maksimal untuk program diet. Untuk itu harus diperhatikan jenis susu apa yang tepat digunakan.

Jenis susu yang dipercaya memiliki kandungan bagus untuk yang sedang diet adalah susu protein dan juga susu rendah lemak. Selain itu ada juga susu kolostrum yang juga dipercaya mampu memberikan efek baik saat dikonsumsi dalam waktu diet.

2.Pahami Saat Konsumsi yang Sesuai

Jika sudah memilih susu yang tepat, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah memahami waktu konsumsi yang sesuai. Ada banyak waktu yang dapat digunakan untuk konsumsi susu dalam program diet. Mulai dari dipagi hari bersama sarapan, sebelum olahraga hingga sebelum tidur.

Namun, banyak yang percaya jika konsumsi susu baiknya dilakukan di pagi hari. Ini karena adanya konsumsi susu di pagi hari akan membantu menghadirkan peningkatan rasa kenyang. Jadi saat makan siang nanti asupan kalori yang dibutuhkan pun dapat diturunkan.

3.Sebaiknya Hindari Penggunaan Gula Berlebihan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dari konsumsi susu saat diet adalah penggunaan gula. Pasalnya harus diketahui jika gula inilah yang memiliki potensi untuk meningkatkan berat badan, justru bukan dari susu tersebut.

Untuk itu jika terbiasa meminum susu dengan gula, lakukan batasan konsumsi gula. Pastikan jika gula yang diberikan pada susu tidak berlebihan. Selain itu ada baiknya untuk memilih susu murni atau susu rendah lemak. Ini karena kedua susu tersebut biasanya tidak terdapat kandungan gula atau memiliki kandungan gula dalam jumlah kecil.

Tadi sudah banyak dibahas mengenai susu dan kaitannya dengan diet. Bahkan pertanyaan apakah susu baik untuk diet sudah dijawab dengan jelas melalui ulasan di atas. Nah, jadi tidak perlu bingung lagi saat akan mengkonsumsi susu selama diet berlangsung, bukan?

Baca Juga  15 Cara Menurunkan Berat Badan Alami & Cepat dalam 1 Minggu
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE