7 Pantangan Makanan Pada Saat Naik Haji

7 Pantangan Makanan Pada Saat Naik Haji
March 11, 2019 mybio
In News

Menjalankan ibadah naik haji merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak persiapan matang. Terlebih lagi ibadah yang dilakukan di Tanah Suci, Makkah dan Madinah ini merupakan penyempurna keislaman seorang muslim. Oleh sebab itu tidak mengherankan apabila semua umat muslim pasti ingin menjalankan ibadah haji dan selalu berusaha keras untuk mewujudkan hal tersebut. Bagi Anda yang sudah bisa mengunjungi Tanah Suci, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang harus Anda bawa dengan baik. Jangan sampai ada barang penting yang Anda tinggalkan, seperti dokumen penting.

Selain itu, sebaiknya Anda juga membawa perbekalan makanan yang cukup untuk Anda selama berada di Tanah Suci. Sebab, tidak semua makanan yang ada di sana bisa cocok dengan lidah Indonesia. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan jenis makanan yang akan dibawa. Sebaiknya hindarilah makanan yang akan membuat Anda sakit perut setelah mengkonsumsinya.

Meskipun terdengar sepele, namun sakit perut yang berujung pada keram perut, sakit mag, dan diare dapat membuat ibadah Anda menjadi terganggu. Selain itu, Anda punt tidak akan merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Oleh sebab itu, kenali makanan-makanan yang bisa membuat Anda sakit perut selama melakukan ibadah haji, agar Anda bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk dan nyaman. Berikut ini beberapa pantangan makanan pada saat naik haji yang harus Anda hindari.

1. Makanan Pedas

Makanan yang pedas memang dikenal dapat membuat lambung mengalami iritasi, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan pedas. Selain itu, makanan jenis ini juga bisa membuat perut Anda kembung, begah bahkan sakit mag. Jika asam lambung Anda naik, Anda bahkan bisa saja mengalami diare akibat makanan pedas. Anda tentu tidak menginginkan hal ini karena dapat mengganggu ibadah Anda selama di Tanah Suci.

Baca Juga  Pentingnya Susu Kolostrum Bagi Semua Umur

2. Makanan yang Mengandung Gas

Untuk menghindari perut kembung, begah dan tidak nyaman selama menjalankan ibadah haji, sebaiknya hindarilah makanan yang dapat memproduksi banyak gas seperti brokoli, kol, sawi, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman bersoda yang dapat memproduksi gas tambahan di dalam perut.

3. Makanan Asam

Makanan yang sifatnya asam seperti jeruk dan lemon dapat membuat permukaan dalam dinding lambung mengalami iritasi dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti kembung, begah, mual, muntah, dan diare. Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut selama menjalankan ibadah haji, bukan?

4. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung terlalu banyak lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa membuat perut menjadi kembung dan begah. Terlebih lagi bagi Anda yang mengalami gangguan pada empedu atau memiliki riwayat operasi empedu, makanan tinggi lemak dapat membuat Anda mengalami diare. Jadi, hindarilah makanan berlemak selama Anda menjalankan ibadah haji.

5. Kafein

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat menstimulasi pergerakan saluran pencernaan, sehingga Anda rentan mengalami diare. Terutama jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak kopi atau tidak terbiasa mengkonsumsi kopi. Selama di perjalanan, sangat penting bagi Anda untuk terus mengkonsumsi air, khususnya air putih. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, sebab air putih dapat membantu melancarkan pencernaan dan sistem pembuangan dalam tubuh. Oleh sebab itu, dibandingkan meminum kopi yang mengadung banyak kafein, akan lebih baik jika Anda banyak mengkonsumsi air putih agar terhindar dari sakit perut selama perjalanan.
Itulah beberapa pantangan makanan pada saat naik haji yang sebaiknya tidak Anda konsumsi untuk menghindari sakit perut. Semoga bermanfaat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE