7 Teknik Pemanasan Sebelum Olahraga

7 Teknik Pemanasan Sebelum Olahraga
March 6, 2019 mybio
In diet, News

Olahraga memang merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk dilakukan. Selain membuat tubuh menjadi semakin bugar, olahraga juga terbukti dapat menghilangkan stress dan memberikan efek segar pada tubuh. Namun, melakukan olahraga tanpa pemanasan dapat menyebabkan terjadinya cedera pada otot dan sendi. Pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga dapat mengikatkan suhu otot Anda. Otot yang hangat akan meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot Anda. Untuk pemanasan, Anda bisa melakukannya secara berurutan. Berikut ini beberapa teknik pemanasan sebelum olahraga yang bisa Anda coba setiap akan berolahraga.

1. Pemanasan Kepala

Sebelum berolahraga, pemanasan pertama yang harus Anda lakukan adalah pada bagian kepala. Teknik pemanasan kepala ini dilakukan dengan cara menggerakan kepala ke berbagai arah yang memungkinkan. Beberapa gerakan dalam pemanasan kepala ini memang seringkali dilakukan dalam olahraga. Gerakan-gerakan tersebut di antaranya adalah:
Menundukkan kepala dan menekannya dengan tangan
Menengadahkan kepala ke atas
Menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri
Menjatuhkan kepala ke kiri dan ke kanan

2. Pemanasan Bahu

Setelah pemanasan bagian kepala selesai, maka Anda bisa beralih ke bahu. Berikut ini beberapa gerakan pemanasan bahu sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum berolahraga:
Sikutkan kedua tangan ke belakang, lalu rentangkan atau luruskan kembali.
Arahkan tangan kanan ke atas dan tangan kiri ke bawah, lalu ayunkan ke belakang sebanyak dua kali secara bergantian.
Posisikan tangan seperti huruf S, dengan mengarahkannya ke atas, gerakan tangan ke samping secara bergantian.
Letakkan tangan lurus ke depan, lalu ayunkan ke belakang.
Rentangkan kedua tangan ke samping, putar dengan gerakan yang lambat.

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan di saat bulan puasa

3. Pemanasan Tangan

Setelah pemanasan bahu selesai, selanjutnya adalah pemanasan bagian tangan. Untuk bagian tangan, berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan.
Lipat kedua telapak tangan dan arahkan ke depan, rasakan renggangan yang ada pada tangan.
Lipat kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah atas dan jinjitkan kaki.
Lipat kedua telapak tangan, lalu arahkan ke samping dan jinjitkan sebelah kaki.

4. Pemanasan Pinggul

Untuk melakukan pemanasan pada bagian pinggul, berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda coba sebelum berolahraga:
Buka kaki selebar mungkin dengan posisi telapak kaki sejajar, jatuhkan badan ke depan dua kaki dan letakkan kedua telapak tangan pada lantai.
Masih pada posisi yang sama, jatuhkan badan ke samping kiri dan posisikan agar tangan menyentuh mata kaki dengan posisi badan yang tetap tegak. Lakukan secara bergantian dari kiri ke kanan.
Rentangkan tangan ke samping, posisikan badan membungkuk dan kaki masih dibuka lebar. Lakukan gerakan menyerupai baling-baling atau ayunkan ke arah kiri dan kanan.
Letakkan tangan di belakang kepala, kaki dibuka ke samping, putar badan ke arah samping kanan dan kiri secara bergantian.

Pemanasan Kaki

Setelah pemanasan pinggul selesai, Anda bisa beralih pada bagian kaki. Berikut ini beberapa gerakan pemanasan kaki yang bisa Anda lakukan:
Buka lebar kaki, letakkan tangan di belakang kepala, jatuhkan badan ke bawah dengan posisi tegak.
Masih dengan posisi yang sama, patahkan badan ke kiri dan ke kanan.
Posisikan kaki kiri di depan dan kanan di belakang, tekan badan ke depan dan lemaskan pinggul Anda. Setelah itu, lakukan gerakan yang sama secara bergantian pada kaki lainnya.
Itulah beberapa teknik pemanasan sebelum olahraga mulai dari kepala hingga kaki. Sebenarnya masih ada beberapa teknik pemanasan lainnya, namun kelima teknik tersebut merupakan jenis pemanasan yang wajib Anda lakukan sebelum berolahraga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  4 Tips Berolahraga di Tengah Kesibukan

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE