6 Jenis Susu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

6 Jenis Susu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
November 24, 2018 mybio
In kesehatan
manfaat susu

Jenis Susu dan Manfaatnya – Susu merupakan salah satu komponen 4 sehat 5 sempurna yang wajib dikonsumsi untuk setiap orang, baik dewasa ataupun anak – anak. Mengonsumsi susu dengan rutin akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh. Hal ini akan baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap kuat dan bugar.

Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini akan merangsang virus dan bakteri mudah berkembang sehingga akan rentang untuk menyerang sistem imun pada tubuh dan dapat menyebabkan risiko sakit, seperti Flu, Tifus, Deman Berdarah dan semacanya.Oleh karena itu, tubuh diperlukan stamina dan energi yang kuat agar mampu melawan virus dan bakteri. Dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu dengan rutin.

Kandungan pada susu tidak hanya baik untuk merangsang pertumbuhan pada tubuh, akan tetapi baik memenuhi nutrisi agar sistem imun pada tubuh lebih kuat lagi.

Sekarang sudah banyak berbagai jenis susu yang dapat Kalian konsumsi, sehingga tidak perlu ribet atau kebingungan saat ingin susu. Walaupun begitu, ada beberpa perbedaan pada setiap jenis susu yang perlu Kalian ketahui. Apa sajakah?

Berikut 6 jenis susu dan manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh :

Susu kolostrum

susu kolostrum

image source : pixabay

Susu kolostrum termasuk susu yang memiliki kandungan yang lengkap untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tubuh tetap terjaga dan bugar.

Kandungan pada susu kolostrum setara dengan ASI (Air Susu Ibu) yang memiliki nutrisi yang baik untuk memperkuat sistem imun pada tubuh dan tumbuh kembang pada anak. Hal ini akan cocok bagi anak – anak dalam masa pertumbuhan, karena tidak hanya membantu meningkatkan pertumbuhan secara fisik namun meningkatkan konsentrasi pada otak. Dengan begitu akan membuat anak cerdas dalam berpikir dan cepat tangkap.

Baca Juga  Ingin Menurunkan Berat Badan? Inilah Cara Diet Alami Dengan Susu Kolostrum yang Wajib Dicoba

Susu kolostrum merupakan susu yang berasal dari pra susu sapi setelah 16 jam melahirkan, sehingga nutrisi yang dikandung masih sangat baik untuk tubuh. Ditambah kandungan pada susu kolostrum setara dengan Susu Air Ibu (ASI).

Susu kedelai

susu kedelai

image source : pixabay

Untuk kalian yang tidak suka dengan susu sapi, kalian dapat mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk memenuhi nutrisi pada tubuh. Dan juga, bagi kalian yang intoleransi akan laktosa, mengalami gejala perut kembung, kram pada perut, atau diare setelah mengonsumsi susu sapi.

Kandungan protein pada susu kedelai sama seperti pada susu sapi sehingga baik untuk memperkuat sistem imun tubuh dan meningkatkan stamina. Dengan begitu, tubuh tidak rentan akan penyakit.

Selain itu, kandungan asam lemak jenuh pada susu kedelai lebih rendah dibandingan dengan susu sapi. Dan juga, susu kedelai mengandung omega 3 yang tidak hanya baik untuk meningkatkan konsentrasi pada otak namun baik untuk mengurangi kadar lemak (koroner) yang dapat memperkecil risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Susu kambing

susu kambing

image source : pixabay

Susu kambing dapat menjadi alternatif lain bagi kalian yang tidak menyukai susu sapi ataupun alergi dengan susu sapi. Dengan mengonsumsi susu kambing dengan rutin akan mengurasi risiko alergi pada susu. Hal ini dikarenakan susu kambing memiliki kandungan senyawa protein lebih sedikit yang dapat menyebabkan alergi, kandungan tersebut adalah kasein alpha 1.

Susu kambing merupakan susu non kolesterol karena mengandung tinggi kalsium dan asam lemak esensial (linoleat dan arakidot) yang mampu menutunkan kadar kolesterol total pada tubuh, serta menjaga kadar trigliserida.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, susu kambing juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan pada kulit. Kadar vitamin A pada susu kambing dapat membantu melawan jerawat yang membandel dan memperbaiki keseluruhan kesehatan pada kulit.

Susu Almond

susu almond

image source : pixabay

Susu yang satu ini merupakan susu yang cocok dikonsumsi bagi kalian yang vegetarian, karena susu ini berasal dari tumbuhan, yakni kacang – kacangan sehingga rendah lemak. Buat kalian yang sedang dalam diet, susu yang satu ini cocok untuk kalian.

Baca Juga  Daftar 20 Makanan Sehat & Bernutrisi Tinggi

Walaupun rendah lemak, susu almond mengandung banyak nutrisi yang baik untuk meningkatkan energi pada tubuh sehingga kalian tidak perlu takut lemas saat melakukan diet.

Susu almond mengandung riboflavin yang mampu berkerja baik bersama zat besi pada tubuh untuk menguatkan otot – otot, serta kandungan protein yang mampu mambantu tubuh untuk penyembuhan pada diri sendiri.

Susu skim

susu skim

image source : pixabay

Susu skim atau susu bubuk rendah lemak yang mengalami poses pengeringan (spary dryer). Hal ini guna untuk menghilangkan sebagian air dan lemak pada susu, akan tetapi tetap memperhankan kandungan baik lainnya, seperti mineral, protein, laktosa, serta vitamin.

Dengan kandungan rendah lemak yang dimiliki susu skim, maka cocok dikonsumsi bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Karena kandungan protein dan mineral bermanfaat untuk mengenyangkan perut lebih lama. Dengan begitu, Kalian terhindar dari cemilan – cemilan yang memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup besar.

Susu Bebas Lemak dan Laktosa

susu rendah lemak

image source : pixabay

Susu yang satu ini juga baik dikonsumsi untuk kalian yang sedang menjalankan diet, karena pada susu ini hanya mengandung 90 kalori, 0 gram lemak per 8 ons. Dengan begitu, apabila anda rutin mengkonsumsi susu maka manfaat yang akan anda rasakan salah satunya adalah berat badan tubuh tetap terjaga.

Susu bebas lemak dan laktosa cukup baik dikonsumsi karena mudah dicernah pada tubuh, dengan begitu nutrisi baik pada susu ini pun akan dapat terasa manfaatnya.

Untuk kandungan pada susu ini tidak perlu diragukan karena memiliki gizi yang sama seperti susu segar sapi.

Demikianlah 6 jenis susu yang dapat Kalian konsumsi untuk sehari – hari secara rutin, akan tetapi yang perlu diingat adalah untuk mengonsumsi susu tidak boleh berlebihan harus sesuai kadar yang sudah ditentukan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE