Kegunaan susu klostrum yang harus kamu tau

Kegunaan susu klostrum yang harus kamu tau
April 4, 2019 mybio
In News

Kolostrum adalah cairan susu yang berasal dari manusia , sapi, kambing, dan mamalia lainnya. Kolostrum ini keluar beberapa hari pertama setelah melahirkan. Zat ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein (antibodi) yang melawan bibit penyakit seperti bakteri dan virus.

Kolostrum adalah zat yang digunakan untuk mencegah dan membasmi virus penyebab diare pada anak, membakar lemak, merangsang sistem kekebalan tubuh dalam HIV. Kolostrum herbal biasanya diproduksi dari susu sapi dan kambing.

Bagi orang dewasa mengkonsumsi susu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai macam susu yang menyehatkan tubuh bisa dipilih bagi orang dewasa, yaitu seperti susu sapi, susu kedelai, maupun susu almond. Namun, untuk bayi yang baru lahir biasanya mereka akan menerima asupan susu asi dari sang ibu. Dalam asi sang ibu ini terkandung kolostrum yang sangat baik untuk pertumbuhan sang bayi. Kolostrum juga sering disebut sebagai susu pertama. Kolostrum ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak sekali nutrisi didalamnya

Manfaat susu kolostrum untuk tubuh kita yaitu diantaranya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, membantu mempercepat penyembuhan, membantu meningkatkan energi, membantu meningkatkan pertumbuhan badan, dan karena tanpa pertambahan gula maka aman untuk penderita diabetes. Susu kolostrum juga bisa meningkatkan kualitas tidur, membantu menstimulasi pertumbuhan tulang.

Berikut ini merupakan manfaat dari kolostrum lainnya yang bisa Anda dapatkan.

  • Sumber nutrisi yang sangat penting

Kolostrum juga sering disebut sebagai sumber nutrisi kritis sebab kolostrum sangat penting untuk pengembangan sistem kekebalan tubuh. Bahkan telah banyak penelitian membuktikan bahwa susu formula yang tidak mengandung kolostrum akan meningkatkan resiko diabetes, radang usus besar, kanker, hingga kematian pada bayi.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Kolostrum tidak hanya berfungsi sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, namun telah membuktikan bahwa susu kolostrum ini dapat memulihkan kerusakan hati, mengendalikan tingkat asam lemak, meningkatkan insulin sehingga ini juga bisa menghindari kita dari kekhawatiran terkena diabetes atau kandungan gula darah yang memiliki banyak manfaat glukosa dalam darah tubuh manusia.

  • Dapat mengurangi dan menyembuhkan penyakit

Salah satu zat yang ada dalam kolostrum adalah laktoferin. Laktoferin merupakan protein yang sangat penting dalam metabolisme. Laktoferin ini telah terbukti untuk menghambat kondisi peradangan yang terjadi dalam tubuh kita. Kolostrum ini memiliki kesamaan seperti manfaat jahe saat flu. Laktoferin yang terkandung dalam kolostrum ini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit karena peradangan dan bakteri seperti batuk, pilek, dan flu. Selain itu, laktoferin juga berperan dalam mengaktifkan kemampuan enzim yang berfungsi lebih maksimal.

Kolostrum juga bisa mencegah penyakit yang sangat berbahaya yaitu kanker. Penyakit kanker biasanya terjadi karena kekurangan zat antioksidan. Zat antioksidan ini bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membuat sel kanker tidak singgah ke dalam tubuh kita. Sama halnya dengan manfaat jengkol yang bisa mencegah penyakit kanker, kolostrum juga dapat membuat tubuh bertahan dari serangan penyakit kanker. Kolostrum juga bisa meningkatkan beberapa zat lainnya yang dapat membuat tubuh kita bertahan melawan penyakit kanker.

Jadi, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat dari kolostrum yang bisa kalian dapat. Selain dapat menyehatkan tubuh Anda, kolostrum juga bisa mencegah kalian dari serangan penyakit yang ada. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit-penyakit berbahaya sekalipun.

 

Baca Juga  Pentingnya Susu Kolostrum Bagi Semua Umur
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE