Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Susu Kolostrum

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Susu Kolostrum
April 25, 2019 mybio
In kesehatan
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Susu Kolostrum

Susu kolostrum merupakan cairan dari payudara yang keluar pertama kali setelah mamalia melahirkan. Pada umumnya ada dua macam susu kolostrum yang dapat di konsumsi oleh manusia. Yang pertama adalah berasal dari manusia dan yang kedua berasal dari hewan mamalia seperti sapi. Penjelasan lebih lanjut mengenai susu kolostrum akan di bahas berikur ini.

Pengertian Susu Kolostrum

Susu kolostrum adalah susu yang di hasilkan oleh manusia atau hewan mamalia yang baru saja melahirkan. Susu kolostrum memiliki nama lain yaitu jolong, sebuah cairan yang keluar dari kelenjar susu. Pada umumnya susu kolostrum ini memiliki tekstur kental dan berwarna sedikit kekuningan.

Susu kolostrum memiliki kandungan yangmampu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat, protein, dan antibodi yang ada di dalamnya dapat mendorong zat-zat pertahanan tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Susu kolostrum memiliki kandungan lemak yang relatif sedikit sehingga cocok di konsumsi untuk bayi yang baru lahir.

Namun saat ini susu kolostrum tidak hanya bisa di konsumsi oleh bayi yang baru lahir saja. Anak-anak hingga orang dewasa juga bisa mengkonsumsi susu kolostrum yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi yang di gunakan untuk menambah imunitas tubuh.

Mengkonsumsi Kolostrum di Bulan Ramadhan

Karena memiliki fungsi untuk di jadikan sebagai sumber tenaga yang dapat menjaga kesehatan, susu kolostrum sangat cocok di konsumsi pada saat bulan ramadhan tiba. Susu kolostrum merupakan suatu ciran nutrisi yang di butuhkan tubuh apalagi saat bulan ramadhan. Karena kondisi tubuh yang cenderung lemas, susu kolostrum bisa meningkatkan semangat meskipun sedang berpuasa.

Manfaat Susu Kolostrum

Selain aman di konsumsi pada bulan ramadhan, beberapa manfaat lain juga bisa di dapatkan. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Bantu Tubuh Untuk detoksifikasi

Salah satu manfaat yang bisa di dapatkan adalah membantu tubuh untuk detoksifikasi. Ya, setiap orang pasti membutuhkan detoks untuk memuang racun-racun yang ada di dalam tubuh agar saluran pencernaan berjalan dengan lancar. Susu kolostrum memiliki zat yang dapat menghancurkan patogen berbahaya bagi usus sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

  • Penurun Risiko Kanker

Penyakit kanker saat ini banyak menyerang seluruh manusia dari semua kalangan. Untuk membantu mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi susu kolostrum yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi. Laktoferin yang ada pada kolostrum merupakan suatu protein baik yang dapat menurunkan risiko kanker pada manusia.

  • Jaga Kesehatan Kulit

Susu kolostrum juga dapat di gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan alami yang ada di dalam cairan susu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Susu kolostrum mampu membantu Anda untuk menjaga kulit tetap sehat dan kencang meskipun sedang berpuasa.

  • Sumber Tenaga

Susu kolostrum sangat baik untuk di jadikan sebagai konsumsi mingguan karena mampu menjaga kesehatan tubuh dan di jadikan sebagai sumber tenaga. Di dalam cairan susu tersebut terdapat sebuah kandungan yang mampu membakar lemak dan menambah massa otot tanpa adanya efek samping seperti ketika mengkonsumsi obat kimia.

Empat manfaat di atas dapat Anda jadikan referensi untuk menentukan mengkonsumsi susu kolostrum. Penulis sarankan untuk mengkonsumsinya seminggu satu kali selama bulan ramadhan karena bisa di jadikan sebagai penguat energi karena puasa. Untuk mendapatkannya sendiri, Anda bisa memesan di koperasi susu daerah yang menyediakan susu sapi.

Baca Juga  Cara Menurunkan Demam Anak
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE