Posisi Tidur Yang Bisa Bikin Kualitas Tidur Anda Jadi Lebih Baik

Posisi Tidur Yang Bisa Bikin Kualitas Tidur Anda Jadi Lebih Baik
November 7, 2018 mybio
In Advertotial
posisi tidur

Posisi Tidur – Salah satu cara agar tubuh tetap dalam keadaan sehat ialah dengan tidur dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan energi yang optimal dan akan mampu meningkatkan stamina tubuh yang lebih kuat. Dengan tubuh yang fit akan menunjang tubuh untuk tetap bisa beraktivitas dengan baik. Apalagi dengan cuaca saat ini, yang dimana dibutuhkan tubuh yang fit agar dapat tetap terjaga.

Dengan tidur yang cukup, akan membantu organ – organ tubuh dapat berisitirahat dengan baik. Sehingga, akan meningkatkan kinerja organ tubuh. misalnya, kekurangan tidur, dapat berpengaruh pada sistem pencernaan yang terhambat dan juga metabolisme tubuh yang tidak optimal.

Namun, tidur saja tidaklah cukup karena tidak akan menjamin kalian akan bangun dalam keadaan yang segar. Untuk itu, kalian perlu memperhatikan posisi tidur.

Posisi tidur yang baik dapat mempengaruhi tidur kalian lebih berkualitas dan pastinya menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ada posisi tidur yang dapat membuat kualitas tidur kalian lebih baik :

Tidur Dengan Posisi Telentang

Tidur dengan posisi telentang merupakan cara untuk menjaga punggung agar tetap terjaga dengan baik. Tidur dengan posisi telentang akan mengurangi rasa pegal dan nyeri di tubuh.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila Anda tidur terlentang. Karena tidak bisa asal telentang begitu saja, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Yaitu, menggunakan bantal yang lebih tinggi dari leher untuk menopang kepala dan mempermudah untuk bernafas dengan baik saat tidur. Kemudian, gunakan bantal dibawah lutut saat tidur agar tulang belakang tidak tertekan. Karena hal ini dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah.

Namun, tidur dalam posisi telentang tidak dianjurkan untuk kalian yang suka mendengkur saat tidur, karena posisi ini akan membuat dengkuran lebih keras. Apalagi, jika kalian memiliki sleep apnea obstruktif atau terhentinya nafas saat tidur, karena bisa membuat dada lebih sesak dan memicu terhentinya nafas tiba – tiba.

Baca Juga  7 Manfaat Melakukan Yoga Untuk Tubuh

Tidur Dengan Posisi Miring

Tidur dengan posisi miring akan berfungsi menjaga gaya gravitasi untuk menjaga isi perut. Dengan begitu, kesehatan pada usus dan lambung tetap terjaga dan akan mengurangi naiknya asam lambung.

Biasanya saat bangun tidur, perut akan terasa sangat kosong. Hal ini dapat stimulus asam lambung menjadi naik. Hal ini akan membuat tubuh dalam keadaan yang tidak baik, kalian akan merah mual, sakit perut, pusing, dan bahkan badan akan merasa lemas.

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan lambung dan usus, tidur dalam posisi miring akan bermanfaat untuk mencegah sakit leher dan sakit punggung. Sehingga untuk para ibu – ibu yang sedang hamil, sangat dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring. Untuk menghindari sakit punggung saat masa kehamilan. Karena punggung akan melonggar dan tidak kaku.

Tidur dalam keadaan miring akan menjadi cara meningkatkan tinggi badan. Karena, dengan tidur dalam posisi miring akan membuat otot – otot punggung akan lebih meregang. Dan dapat membuat tubuh lebih tinggi.

Selain itu, posisi tidur miring akan bermanfaat untuk mengurangi dengkuran saat tidur dan juga bagi orang yang mempunyai sleep apnea obstruktif (Terhentinya nafas saat tidur).

Hal ini dikarenakan, posisi tidur miring dapat membuat tekanan pada hati, paru – paru, serta perut menjadi longgar. Sehingga tubuh tetap bisa bernapas dengan baik dan pastinya tidak merasa sesak di dada.

Akan tetapi, dalam posisi tidur miring kalian ada beberapa ketentuan. Misalnya jika kalian tidur pada posisi miring ke kanan akan membantu untuk menjaga kesehatan jantung, karena dapat melindungi jantung dari posisi tertindih. Walaupun begitu, posisi tidur miring ke kanan tidak dianjurkan untuk kalian yang memiliki asam lambung atau maag. Karena dapat memicu meningkatnya asam lambung pada tubuh.

Baca Juga  8 Khasiat Ajaib Air Mineral Untuk tubuh

Sedangkan, jika kalian tidur miring ke kiri merupakan posisi yang tepat untuk kalian yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Dengan posisi miring ke kiri bermanfaat agar refluks asam lambung menjadi berkurang, serta kerongkongan tetap dalam posisi yang baik, yaitu berada diatas cairan asam lambung. Sehingga, untuk kalian yang memiliki penyakit asam lambung tidur akan lebih nyaman dan berkualitas. dan juga mampu melencarkan peredaan darah tubuh.

Untuk menunjang kualitas tidur kalian lebih baik, kalian juga perlu memperkirakan waktu tidur yang tepat. Waktu tidur yang baik ialah sesuai dengan waktu atau ritme tubuh. Seperti, saat malam hari waktu untuk para organ tubuh dapat bersitirahat, seperti jantung, usus, lambung, dan bagian lain. Dan usahakan untuk tidur selama 8 jam per hari.

Selain itu, jangan makan malam saat waktu tidur. Karena dengan perut yang terisi penuh saat tidur dapat menyebabkan berat badan yang menambah dan pastinya saat tidur perut tidak dalam keadaan baik. Akan merasa lebih kembung dan sesak napas.

Dan perlu diingat, untuk tidak tidur dalam keadaan tengkurap. Karena posisi tidur dengan tengkurap akan membuat dada tertekan yang dapat menyebabkan sesak nafas saat tidur. Karena otot dada atau otot pernapasan tidak mengembang dengan baik. sehingga aliran oksigen dapat terhambat dan lebih sedikit.

Posisi tidur dengan tengkurap tidak baik untuk kesehatan tulang belakang pada leher, karena saat tidur mengharuskan kepala memiring ke arah kanan atau kiri agar tetap bisa bernafas. Hal ini dapat menjadi menyebabkan kepala pusing saat bangun tidur.

Demikian, semoga bermanfaat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE